Batu Akik Temuan Baru Kali Code Berharga Mahal

Batu Akik Temuan Baru Kali Code Berharga Mahal,- Pelukis yang tinggal di sekitar Kali Code, Yogyakarta, Slamet Jumiarto tanpa sengaja menemukan jenis baru batu akik asli dari kali tersebut. Akik hasil temuannya lantas dinamai Black Code.


"Sesuai namanya, batu tersebut berwarna hitam mengkilat seperti kristal. Namun, tidak seperti batu akik lainnya, batu ini tidak tembus cahaya," kata Slamet kepada wartawan di sela pameran Batu Jogja Istimewa di Jalan Ipda Tut Harsono Yogyakarta, Selasa (18/2).

Menurut Slamet, batu-batu itu tidak sengaja ditemukan di Sungai Code pada tahun lalu. Sehari-hari, Slamet adalah pelukis yang tinggal di sekitar Sungai Code, tepatnya di Brontokusuman Yogyakarta.

Setelah menemukan batu tersebut, dia menawarkannya melalui akun media sosial Facebook. "Ternyata, batu tersebut langsung laku dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan, permintaan semakin banyak," katanya.

Dia merasa semakin bersemangat untuk mencari batu tersebut di Sungai Code, dan memeriksakan batu temuannya di laboratorium. Hasilnya, batu berwarna hitam pekat itu merupakan jenis batu hematite.

Pecahan kecil batu yang terjadi dari proses alam, yaitu erupsi Gunung Merapi tersebut cukup tinggi. Slamet menjual pecahan kecil batu itu dengan harga Rp 5 juta bahkan potongan besar dihargainya mencapai Rp 30 juta.

"Saya hanya menjual batu kasar, belum sampai proses menggosok hingga menjadi batu yang bisa digunakan untuk mata cincin atau perhiasan lainnya," katanya.

Dia tidak mengelak jika pada masa mendatang banyak orang beramai-ramai mencari batu tersebut di Sungai Code. "Namun, mencari batu seperti ini tidak mudah. Tidak semua orang tahu bagaimana batu yang bagus dan memiliki nilai jual," katanya.

1 comment:

  1. Tampilannya menarik, hitamnya elegan ya, pasti seneng ya memakai batu akik hasil temuan sendiri,

    ReplyDelete