Ini Negara-Negara Penggemar Batu Akik Selain Indonesia

Ini Negara-Negara Penggemar Batu Akik,-  Masyarakat Indonesia saat ini tengah dilanda demam batu akik. Dari tua, muda, laki-laki hingga perempuan, kini banyak berburu batu akik, hampir di mana pun. Sebagian dari mereka rela bersusah payah hingga ke luar kota hanya untuk mencari batu akik idaman. Soal harga jangan ditanya, mereka rela merogoh kocek dalam-dalam demi sebuah batu akik yang diakui kualitasnya, baik dari segi warna dan gambar tekstur yang unik.



Pameran dan toko-toko menjual batu akik kini tumbuh bak cendawan di musim hujan, berikut dengan jasa menggosoknya.

Indonesia memang kaya sumber daya alam, termasuk batu akik. Selain Indonesia ada juga lima negara yang dikenal sebagai surga bagi para penggemar batu akik dan batu mulia.

Negara mana sajakah itu? Ikuti ulasannya berikut ini.

1.
Sri Lanka

Negara di sebelah selatan India ini dikenal sebagai ladang batu akik dan batu mulia terbesar di dunia. Sri Lanka memiliki lebih dari 50 jenis batu akik.

Menurut internetstones.com, negara seluas hanya 40 ribu kilometer persegi ini zaman dahulu kala, ratusan tahun lalu bahkan pernah dijuluki sebagai Ratna Deepa (Pulau Batu Mulia)

Bangsa Arab menyebut Sri Lanka sebagai Jazirah Kakut, yang berarti kurang lebih sama.

Di Sri Lanka orang bisa menemukan aneka batu akik dan batu mulia paling berharga dan terbaik, termasuk safir biru, mata kucing, rubi bintang, zirkon dan banyak lagi.

2.
Myanmar

Selama ratusan tahun wilayah Mogok di bagian tengah Myanmar dikenal sebagai penghasil batu akik dan batu mulia paling subur di negara itu. Sejumlah jenis batu mulia dari Mogok bahkan dikenal berkualitas terbaik di dunia.

Batu mulia berwarna merah yang secara tradisional disebut sebagai 'darah merpati' menjadi primadona tidak hanya di Myanmar tapi di seantero dunia.

Sebelah utara Myanmar, Lembah Uru, menjadi satu-satunya lokasi sumber batu mulia komersil dengan kualitas tinggi.

3.
Brasil

Temuan batu akik dan batu mulia di Brasil imulai oleh bangsa Portugis pada abad ke-16. Eksplorasi batu muli itu terus meningkat dan memuncak dalam 50 tahun terakhir.
Brasil adalah sumber utama batu jenis amethyst, citrine, dan topaz, di dunia.

Bersama Sri Lanka, Brasil menjadi negara produsen batu aleksandrit dan mata kucing.

4.
Kolombia

Merdeka.com - Kolombia menjadi negara paling wahid untuk urusan batu zamrud. Daerah di Cordillera Oriental (bagian pegunungan Andes) menjadi sumber batu mulia itu.

Sejumlah tambang batu mulia dan batu akik terkenal i Brasil antarai lain adalah di Chivor, Cosquez, La Pita, dan Muzo. Keempat daerah itu berada di bagian utara Brasil.

Muzo dikenal dengan batu-batu berwarna mewah. Pada 1990-an warga menggunakan metode modern untuk menambang batu-batu itu.

Kolombia juga dikenal menyimpan sebagian kecil jenis batu rubi dan safir.

No comments:

Post a Comment