Cara Mudah Membedakan Batu Solar Aceh yang Asli dan Palsu

Cara Mudah Membedakan Batu Solar Aceh yang Asli dan Palsu,- Batu akik masih menjadi populer di Indonesia tidak terkecuali di batu giok. batu giak yang terkenal di indonesia adalah Batu Giok Bio Solar Aceh Indocrase, yang masih termasuk dalam kelompok kategori sebagai batu Giok, batu Giok memiliki sifat utama yang sudah banyak dikenal yaitu akan tetap dalam keadaan dingin meskipun terkena suhu panas yang tinggi. Bahkan menurut info yang tersebar bahwa Batu Giok juga digunakan sebagai bahan pesawat ruang angkasa, yang difungsikan untuk menahan pergesekan atmosphere terhadap badan pesawat ketika mulai masuk ke ruang angkasa.

solar aceh asli atau palsu sintetis



Ditengah maraknya batu giok solar aceh asli maka banyak pula bermunculan batu giok bio solar aceh imitasi, sintetis, buatan atau bisa dikatakan batu bio solar aceh palsu. Keberadaan mereka yang turut meramaikan koleksi batu akik alam di perdagangan jual beli batu perhiasan atau gemstone seringkali mengelabui banyak orang, mulai dari rupa, bentuk, warna dan ukuran sangat sulit untuk dibedakan oleh kasat mata. Oleh karena itu disini akan diuraikan berbagai cara yang telah banyak dilakukan orang untuk membedakan batu giok asli dengan yang palsu.

Cara Mudah Membedakan Batu Solar Aceh yang Asli dan Palsu

Pelajari tentang asal- usul Giok atau jade yang asli. Hanya giok jenis jadeite dan Giok jenis Nephrite yang dianggap giok asli dan otentik.
Batu Giok jadeite adalah batu mulia nomer satu didunia dan yang paling mahal didunia, harganya bisa mencapai Rp. 109,4 Miliar per Karat, oleh karena itu Giok jenis jadeite adalah Giok yang paling dicari oleh banyak orang hingga kini.

Giok jadeite kualitas terbaik baru ditemukan di Burma - Myanmar (Burma Jadeite, Burma Jade, Jade Imperial, atau Cina Jade), tetapi ditemukan juga dalam jumlah kecil ditambang Guatemala, Meksiko dan Rusia.


Sekarang 75% dari batu giok Naphrite yang beredar di dunia berasal dari tambang Columbia, sebagian ditambang di Taiwan, Amerika Serikat dan sisanya dari Australia.

Lalu bagaimana cara membedakan batu giok Asli bio solar aceh, buatan atau batu giok sintetis...??

Ketika harus memilih batu asli atau sintetis adalah pekerjaan yang cukup sulit karena batu sintetis saat ini mirip sekali dengan batu asli. Jika tidak cermat ketika membedakan batu Asli atau batu sintetis mungkin bisa saja kita akan tertipu oleh penampilan dan ciri-cirinya.

Banyak sekali langkah untuk membedakan Batu Asli atau Batu Sintetis. Aneka ragam cara dan metode sering digunakan oleh para penggemar batu, setiap dari mereka memiliki cara yang berbeda  dalam menentukan Batu giok asli atau batu giok palsu.

Dibawah ini adalah berbagai cara yang dilakukan orang untuk membedakan antara batu giok solar aceh asli dengan batu giok solar aceh palsu.

Sebagian orang ada yang melakukan pengujian keaslian Batu solar Aceh dengan memfungsikan pada  Layar sentuh, batu giok solar aceh asli mampu bekerja seperti layaknya jari tangan yang bisa menggerakan  touchscreen, dan sebaliknya Layar sentuh tak akan berfungsi jika disentuh dengan batu giok palsu.

Adapun yang mengujinya dengan cara menerawang Batu Akik menggunakan satu alat yang memiliki kemampuan pembesaran hingga 10 kali, jika terlihat serat didalamnya maka itu salah satu ciri Batu Akik Asli, insting dan pengalaman Anda sangat menentukan dalam membedakan motif pattern yang ada di dalamnya, sebaliknya Batu sintetis buatan biasanya jernih tanpa serat.
Namun tentu tidak berlaku untuk type Obsidian atau batu yang harus memiliki kejernihan tinggi, bahkan untuk jenis ini jika ditemukan gelembung didalamnya maka batu tersebut bisa masuk dalam kategori batu sintetis atau batu buatan.

Selain diterawang batu Giok juga diuji dengan mengetahui Bobotnya, bobot batu Akik Asli cenderung lebih berat dibanding Batu Sintetis tentu harus dengan perbandingan dimensi yang sama.

Cara lain mengetahui perbedaan antara batu solar giok aceh asli dan palsu yang aneh tapi unik adalah denga cara menempelkan pada daun telinga bagian bawah, jika terasa dingin maka batu itu dapat dikelompokkan sebagai batu giok Asli, adapula yang melakukannya dengan menempelkan dipipi. Artinya Batu Asli relatif lebih dingin mungkin karena sifat mineralnya yang dapat menyerap energi panas. Anda bisa juga mencoba dengan menggengamnya beberapa saat, Batu Giok asli akan terasa dingin, suhu dingin tersebut hampir menyerupai ketika kita menggengam sabun mandi yang sudah terpakai namun dalam keadaan kering.

Adapun cara lain untuk mengetahui batu giok asli atau palsu adalah dengan cara: Ketukan dua buah batu secara bersamaan, namun cara ini menuntut kepekaan telinga dalam membedakan antara suara benturan dua buah benda, tentunya Anda bisa membedakan bagaimana suara yang dikeluarkan ketika benda plastik atau batu berbenturan. Selanjutnya Andapun harus tahu perbedaan antara suara benturan yang dikeluarkan dari batu mineral dengan suara yang dihasilkan dari batu biasa yang bukan mineral, untuk menguji ini batu giok harus dalam keadaan bebas dari sentuhan apapun yang bisa meredam suaranya, mungkin bisa juga dengan cara menggantungnya dalam ikatan tali.


gems original or fake

Batu solar Aceh Indocrase bisa juga dianalisa perbedaanya dengan cara mengamati antara satu sama lain ketika batu di pajang pada etalase. Batu alam cenderung memiliki corak serat motif atau rupa yang tidak sama termasuk ukuran dan juga bentuknya karena batu alam merupakan olahan hasil dari kerajinan tangan yang diproses satu persatu. Jika Anda melihat secara keseluruhan batu yang di pajang adalah sama maka itu bisa di artikan sebagai batu giok sintetis yang diproduksi menggunakan bantuan alat dan mesin khusus.


batu solar asli atau buatan


Banyak cara orang untuk mencoba melakukan tes uji coba asli atau tidaknya batu giok, seperti juga dilakukan dengan cara memanaskan Batu dengan bara rokok atau api, Batu Akik Asli tidak akan mengalami perubahan warna, sebaliknya jika terjadi perubahan warna pada batu tersebut maka batu giok tersebut bisa diartikan sebagai batu giok sintetis. Batu giok asli tidak mudah menyimpan panas ketika dibakar, sebaliknya batu giok sintetis atau palsu akan mudah menyimpan panas.

Dari sekian banyak tes uji keaslian terhadap batu giok asli atau bukan bisa saja kita coba lakukan, namun tentunya akan lebih meyakinkan jika batu giok tersebut di ketahui keasliannya melalui tes laboratorium serta diperkuat oleh hasil analisa dari para ahli dibidangnya.

dilansir dari http://solaraceh123.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment